Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Juni 2013

Belajar Bahasa Inggris Tanpa Grammar Itu Mustahil!

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Hallo kawan2… :)
Pada artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa pendapat orang tentang metode yang diterapkan dalam belajar Bahasa Inggris. Salah satu metode yang sering saya dengar adalah "belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar". Bukan saya mau bersifat frontal ataupun vulgar, saya hanya menegaskan suatu sudut pandang (point of view) menurut pendapat saya sendiri.

Saya berpendapat bahwa "Belajar Bahasa Inggris Tanpa Grammar itu Mustahil". Mengapa saya berpendapat seperti itu? Ya, jelas saya berani berpendapat seperti itu karena saya juga sampai sekarang tetap belajar Bahasa Inggris, khususnya English Grammar. Dan saya merasakan betapa pentingnya Grammar itu dalam Bahasa Inggris.

Pertama-tama, apa itu Grammar? Saya rasa banyak orang sudah mengetahui dari definisi Grammar itu sendiri. Suatu tatanan Bahasa dalam Bahasa Inggris tentunya. Setiap Bahasa mempunyai aturan (rules) ketika Bahasa itu diciptakan. Lalu pertanyaannya adalah, "apakah kita patut melupakan atau tidak menggunakan suatu aturan yang sudah ada dalam suatu Bahasa"? khususnya Grammar Bahasa Inggris dalam topic kita kali ini. Sekarang silahkan anda pertimbangkan sendiri.

Yang kedua, anda juga belajar tananan Bahasa kita sendiri yakni Bahasa Indonesia, iya kan?. Lalu pertanyaannya, "kenapa kita keberatan untuk mempelajari tatanan Bahasa lainnya, khususnya Grammar Bahasa Inggris"?. Jika karena English Grammar itu dianggap susah sebagai jawaban anda, berarti anda masih belum punya niat yang matang untuk belajar Bahasa Inggris.

Yang ketiga, bayangkan kawan! Jika anda belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar, apa yang akan terjadi? Well, banyak kemungkinan anda akan tetap bisa berbahasa Inggris (Speaking English) bahkan menerapkannya. Lalu pertanyaannya, "Apakah anda tidak ingin mampu berbahasa Inggris sesuai dengan tatanan yang sudah ada (Speak English Grammatically) dengan lawan bicara anda, lebih-lebih partneranda adalah orang asing"? Silahkan pertimbangkan sendiri kawan!

Yang keempat, banyak saya menemukan beberapa jasa Bimbingan Les/ kursus Bahasa Inggris baik di dunia nyata ataupun maya yang menawarkan untuk belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar. Cobalah bertanya pada diri anda sendiri kawan! Pertanyaannya, "Apa orientasi mereka dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain, sementara Grammaritu adalah point yang sangat penting dalam Bahasa Inggris"?

"Saya rasa itu hanyalah Bahasa marketing dari mereka untuk menarik perhatian para pelajar"! Sehingga mendapatkan beberapa peminat yang ingin secara instantbisa berbahasa Inggris. Perhatikan beberapa points dibawah ini:
  1. Jika mereka menawarkan metode pengajaran tanpa Grammar, apakah mereka masih tetap belajar English Grammar dan sudah mampu/ mahir berbahasa Inggris sesuai dengan tanan yang ada? 
  2. Apakah orientasi dari lembaga belajar tersebut? Sementara mereka mengabaikan English Grammar yang sudah jelas-jelas merupakan bagian penting dalam belajar Bahasa Inggris. Apakah hanya uang (financial) belaka? 
  3. Jika kawan-kawan ada yang mengikuti metode tersebut, metode apa yang anda dapatkan dari cara belajar Bahasa Inggris yang seperti itu? Apakah hanya menghafalkan kalimat-kalimat yang dianggap penting dalam percakapan sehari-hari (daily conversation)? Sangatlah tidak masuk akal, Berapa sich kapasitas otak kita? Bayangkan, kamus Bahasa Inggris sangatlah tebal kawan dan di dalamnya terdapat lebih dari 1 juta kosa kata (vocabularies) Bahasa Inggris. Nah, masa anda diminta untuk menghafalkan kalimat Bahasa Inggris yang sangatlah panjang (terdiri dari beberapa kosa kata)? Hahahahaha… :D, Seberapa tebal tuh kalimat-kalimat yang harus kita hafal jika dijadikan kamus?
  4. Jika itu merupakan metode dari mereka, apakah anda tidak bertanya-tanya pada diri anda sendiri, bagaiman kalimat itu bisa terbentuk? Bagaimana beberapa element-element yang berbeda muncul pada kalimat yang berbeda? Silahkan pertimbangkan lagi kawan. Saya rasa jawabannya sangat sederhana. Kalimat-kalimat yang anda hafalkan itu terbentuk dari English Grammar, jadi silahkan belajar Grammar Bahasa Inggris mulai sekarang! 
  5. Jika anda ingin bisa berbahasa Inggris, "apakah anda tidak ingin mampu untuk berbahasa Inggris sesuai tatanan yang sesuai (Speak English Grammatically)"?Lebih-lebih Bahasa Inggris yang anda pelajari bisa berguna untuk pekerjaan atau karir anda. 
  6. Bahasa apapun itu kaya, kaya akan element-element yang ada di dalamnya. Jadi kesimpulannya, "ANDA TIDAKLAH BISA BELAJAR BAHASA INGGRIS SECARA INSTANT!" Semuanya perlu waktu, NIAT DAN KESABARAN anda dalam belajar akanlah sangat membantu. 
  7. Saya menyarankan, pintar-pintarlah memilih media pembelajaran Bahasa Inggris. Mereka (tempat pembelajaran/ kursus Bahasa Inggris) juga mempunyai saingan dan mereka menawarkan banyak ragam metode yang berbeda-beda.
  8. Jangan BUANG WAKTU DAN UANG ANDA jika hasilnya TIDAK MAKSIMAL. Bukankah begitu kawan? 
  9. Dari artikel saya kali ini, saya mohon maaf yang banyak kepada khalayak umum. TIDAK ADA MAKSUD DARI SAYA UNTUK MENYINGGUNG PIHAK LAIN.  Saya pribadi hanya punya prinsip, "JIKA INGIN MENGAMALKAN ILMU JANGAN ASAL-ASALAN, APALAGI MELUPAKAN HAL YANG SANGAT VITAL, ITU MERUPAKAN DAMPAK BURUK BAGI ORANG YANG BELAJAR (MURID KITA)".
  10. Coba kita perhatikan beberapa informasi yang mungkin kita temukan, seperti:
"KURSUS CEPAT/ KILAT BAHASA INGGRIS TANPA GRAMMAR"
"BELAJAR BAHASA INGGRIS MUDAH DAN CEPAT TANPA GRAMMAR"
"BELAJAR BAHASA INGGRIS FULL CONVERSATION TANPA GRAMMAR"
Dan lain-lain

Lupakanlah kawan! Apa gunanya belajar Bahasa tetapi TIDAK MEMPELAJARI TATATAN BAHASA ITU SENDIRI? Saya berani berpendapat "NONSENSE".

Jika anda menganggap "Grammar Bahasa Inggris adalah ILMU". Kemudian dilupakan atau bahkan tidak dipelajari (tidak diamalkan secara layak kepada siswa/ pelajar Bahasa Inggris), SUNGGUH KASIAN SEKALI YA YANG MENCIPTAKAN BAHASA TERSEBUT. Hehe… :D

Semoga artikel ini bisa menjadi BAHAN PERTIMBANGAN dan MOTIVASI tentunya untuk belajar Bahasa Inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply

Share It