Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Maret 2014

Metode Pengajaran Bahasa Inggris terbaik

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Banyak orang berpikir, kira-kira apa metode pembelajaran Bahasa Inggris yang terbaik ? mengingat begitu banyak metode yang selama ini telah dikenal dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh berbagai ahli bahasa disimpulkan bahwa tidak ada metode terbaik atau metode yang mengungguli metode lain dalam pembelajaran Inggris.


Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak efektif untuk mengaplikasikan suatu metode pembelajaran secara massal kepada semua pembelajar / murid yang mempunyai kebutuhan belajar, lingkungan, dan tujuan yang berbeda. Jadi seorang pengajar bahasa Inggris sebaiknya memahami dengan benar situasi murid-muridnya dan bahkan kebutuhan setiap murid dan kemudian menerapkan metode yang paling tepat.

Selama 40 tahun terakhir berbagai metode pengajaran telah dikembangkan secara cepat. Oleh sebab itu penting bagi pengajar untuk memahami atau mengetahui berbagai meteode yang selama ini telah dikembangkan untuk kemudian bisa diterapkan secara tepat pada berbagai kondisi yang ada.

Beberapa metode tersebut bisa dilihat pada tabel di bawah ini. Dan sebelumnya saya informasikan mengenai metode belajar yang telah dikenakan selama kurun waktu yang telah ada :
  • 1900-1940 umumnya menggunakan metode Grammar translation dan terus berlanjut hingga tahun 70 an.
  • 1910-1930 : Direct Method
  • 1950-1970 mulai dikembangkan metode audio lingual
  • 1975-1985 menggunakan metode Sugestopedia
  • 1970-1980 metode The silent way, total physical response, dan community language learning juga mulai berkembang
  • 1980- tahun 2000an Communicative language teaching mulai berkembang
  • Setelah tahun 2000 an mengingat bahwa kebutuhan belajar setiap murid berbeda mulai dikembangkan metode Principled Eclecticism
Dan ini tabel metode pembelajaran beserta fokus dan karakteristiknya :

Metode
Fokus
Karakteristik
Grammar Translation / Tata bahasa dan terjemahan
Written literary texts / Berdasarkan teks literatur yang tertulis
Translate from English into your native language / menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa asli di suatu negara / daerah
Direct Method (also called Natural Method) / Metode langsung (juga disebut dengan metode alami)
Everyday spoken language / Berbicara dalam bahasa Inggris sehari-hari
Student learns by associating meaning directly in English / Murid belajar dengan mengasosiasikan arti secara langsung ke dalam bahasa Inggris
Audio-Lingual Method / metode audio lingual
Sentence and sound patterns / kalimat dan pola suara
Listening and speaking drills and pattern practice only in English / drill dalam pola mendengar dan berbicara hanya dalam bahasa Inggris
Cognitive Code Approach / Pendekatan kognitif
Grammar rules / peraturan tata bahasa
English grammar rules deduced and then understood in context / peraturan tata bahasa disimpulkan dan kemudian dipahami dalam konteks
Humanistic Approaches - 4 popular examples: Pendekatan humanis
- The Silent Way / Metode diam
Student interaction rather than teacher / interaksi antar murid lebih banyak daripada dengan guru
Teacher is silent to allow student awareness of how English works / Guru diam dan memberikan peluang murid untuk menyadari bagaimana cara kerja Bahasa Inggris
- Suggestopedia / Sugestopedia
Meaningful texts and vocabulary / makna teks dan perbendaaraan kata
Relaxed atmosphere, with music; encourages subliminal learning of English / Suasana santai dan rileks dengan musik mengalun, mendorong pembelajaran Bahasa Inggris di bagian bawah sadar
- Community Language Learning / Komunitas pembelajaran bahasa
Student interaction / Interaksi antar murid
Understanding of English through active student interaction / Memahami bahasa Inggris melalui interaksi antar murid secara aktif
- Comprehension Approach (Natural Approach, the Learnables, and Total Physical Response) / Pendekatan menyeluruh (Pendekatan alami,  kemampuan, dan respon fisik secara total)
Listening comprehension / mendengar secara menyeluruh
English speaking delayed until students are ready; meaning clarified through actions and visuals / Penundaan percakapan bahasa Inggris sampai murid siap dan memahami arti secara jelas melalui tindakan dan gambar/penggambaran.
Communicative Language Teaching / Pengajaran bahasa secara komunikatif
Interaction, authentic communication and negotiating meaning / interaksi, berkomunikasi secara autentik, dan menegosiasikan artinya
Understanding of English through active student interaction; role play, games, information gaps / Pemahaman bahasa Inggris melalui interaksi antar murid secara aktif, bermain peran, permainan, dan kesenjangan informasi
Content-based, Task-based, and Participatory Approaches / Pendekatan berdarakan konten, tugas dan partisipasi
What is being communicated, not structure of English / Menekankan pada apa yang dikomunikasikan, dan bukan pada struktur bahasa Inggris
Content based on relevance to students' lives: topics, tasks, problem-solving / Berdasarkan konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari para murid : topik, tugas, dan pemecahan masalah
Learning Strategy Training, Cooperative Learning, and Multiple Intelligences / Pelatihan strategi belajar, pembelajaran secara kooperatif, dan multiple intelligences
How to learn / penekanan pada bagaimana cara belajar
Teach learning strategies, cooperation; activities vary according to different intelligences / Mengajarkan strategi belajar, kerja sama, dan variasi kegiatan berdasarkan tingkat kecerdasan yang berbeda
Based on Techniques and Principles in Language Teaching (Oxford University Press)

Sumber : tjtaylor.net





ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply

Share It